VALIDITY OF DEVELOPMENT OF THE GAME WHO WANTS TO BE A MILLIONAIRE COLLOID IN MAN 3 BANJARMASIN

Authors

  • Maslianor UIN Antasari Banjarmasin
  • Ardian Trio Wicaksono Program Studi Tadris Kimia, UIN Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.33752/ns.v2i2.5226

Keywords:

Validity, Educational game who wants to be a millionaire, Colloid

Abstract

This study aims to determine the validity of the development of educational game who wants to be a millionaire on colloidal material for class XI students of MAN 3 Banjarmasin with the data source used consists of 1 material expert who is a chemistry teacher and 1 media expert. Data sources used consisted of 1 material expert who is a chemistry teacher and 1 media expert who is a lecturer. who is a lecturer. The type of research used is Research and Development (R&D) model (Define, Design, Develop, and Disseminate). The research results showed that the material expert validation value was 74% and the media expert validation value was 79% so that the game developed could be categorized as valid.



Downloads

Download data is not yet available.

References

Ana, Ria Fajrin Rizqy, “Penggunaan Model Four D dalam Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran pada Mahasiswa STKIP PGRI Tulungagung”, PEDAGOGY 5, No. 02 (2018): 64-74 https//ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/14.

Agustian, Niar and Unik Hanifah Salsabila, “Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran,” ISLAMIKA 3, no. 1 (January 31, 2021): 123–33, https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047.

Arkadiantika, Irnando, Wanda Ramansyah, Muhamad Afif Effindi, and Prita Dellia,” Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality pada Materi Pengenalan Termination dan Splicing Fiber Optic”, Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, Special Issue, SEMNASDIKJAR 2019, (January, 2020): 30-36, https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2298.

Budiariawan, I Putu, “Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia,” Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia 3, no. 2 (October 11, 2019): 103, https://doi.org/10.23887/jpk.v3i2.21242.

Defi, An Nuur and Delsina Faiza, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Elektronika”, Jurnal Vocational Teknik Elektronik Dan Informatika 9, No. 2 (June, 2021): 113-118, https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i2.112046.

Harjanto, Arif Andi, Rustandi, and Joyce Anasthasya Caroline, “Implementasi Model Pengembangan 4D dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasi Online pada Mata Pelajaran Pemrograman Web di SMK Negeri 7 Samarinda”, Jurnal SIMADA (Sistem Informasi dan Manajemen Basis Data) 5, No. 2 (October, 2022): 2-12, https://doi.org/10.30873/simada.v5i2.341.

Karseno, Sariyasa, and I.G. Astawan, “Pengembangan Media Game Edukasi Berbasis Android pada Topik Bilangan Bulat Kelas VI Sekolah Dasar”, Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia 11, No. 1(September 28, 2021): 16-25, https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.62.

Kurniawan, Dian and Sinta Verawati Dewi, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast-O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan” Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan 3, No.1 (2017): 214-219, https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v3i1.193.

Larasati, Dita, Tri Wrahatnolo, Tri Rijanto, and Lilik Anifah, “Pengembangan Media Pembelajaran Ispring Suite 9 Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di SMK Negeri 3 Surabaya”, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 11, No. 1 (2022): 79-85, https://doi.org/10.26740/jpte.v11n01.p79-85.

Nurhayati, “Penerapan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VI SDN 011 Sungai Salak, Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11, No.3 (Juni, 2022): 908, http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8965.

Pradilasari, Lia, Abdul Gani, and Ibnu Khaldun, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA,” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 7, no. 1 (June 16, 2020): 9–15, https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13293.

Pratama, Loviga Denny, Ahmad Bahauddin, and Wahyu Lestari, “Game Edukasi: Apakah Membuat Belajar Lebih Menarik?”, At-Ta’lim Jurnal Pendidikan 5, No. 1 (January, 2019): 39-50, https://doi.org/10.36835/attalim.v5i1.64.

Putri, Novemby Karisma, Yuberti, and Uswatun Hasanah, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Materi Hukum Newton pada Gerak Benda”, Physics and Science Education Journal (PSEJ) 1, No. 3 (December 30, 2021): 133-143, https://doi.org/10.30631/psej.v1i3.1033.

Redhana, I Wayan, “Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 dalam Pembelajaran Kimia”, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 13, No. 1(2019): 2239-2253, https://doi.org/10.15294/jipk.v13i1.17824.

Safitri, Apriani and Kabiba, “Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV Di SD Negeri 3 Ranomeeto”, Didaktis : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan 20, No. 1 (February 25, 2020): 24-36, https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i1.4139.

Sanaky, Musrifah Mardiani, La Moh. Saleh, and Henriette D. Titaley., “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah”, Jurnal Simetrik 11, No. 1 (Juny, 2021): 432-439, https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615.

Saputro, Laras Erninda, “Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV”, Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan 19, No. 1 (April, 2019): 37-43, https://doi.org/10.24036?fif.100.v19i1.326.000-000.

Siahaan,Kevin William Andri, Anita Debora Simangunsong, Lastri Lumongga Nainggolan, and Miranda Agustina Simanjuntak.., “Pengembangan Bahan Ajar Kimia Materi Koloid Untuk Sma Dengan Model Inkuiri Terbimbing Dengan Media Animasi,” Jurnal Nalar Pendidikan 8, no. 2 (December 29, 2020): 130, https://doi.org/10.26858/jnp.v8i2.15376.

Siregar, Ruslan, “Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Sekolah Dasar”, Suara Guru : Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora 3, No. 4 (December, 2017): 27-31, https://doi.org/10.26714/jps.8.1.2020.27-31.

Suherman, Anggi Rahmani, and Alpiani, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Panas dan Perpindahannya di Kelas V Sekolah Dasar”, Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi 6, No. 1 (July, 2022): 1-7, https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpd.

Tukiran, Tukiran and Rahaju Rahaju, “Penerapan model pembelajaran teams games tournament berbantuan permainan who wants to be a millionaire,” Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika 3, no. 3 (December 30, 2017): 188–98, https://doi.org/10.33654/math.v3i3.71.

Triana, Atika, “Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis Contextual Learning Kelas IV SD/MI”, Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (November, 2020).

Wicaksono, Adynda Aulia, Titin Sunarti, and Abu Zainuddin, “Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penilaian Kinerja Praktikum Pada Materi Alat Optik Kelas XI SMA”, IPF : Inovasi Pendidikan Fisika 9, No. 3, (September, 2020): 325-331, https://doi.org/10.26740/ipf.v9n3.p325-331.

Wulandari, Amelia Putri, Annisa Anastasia Salsabila, Karina Cahyani, Tsani Shofiah Nurazizah, and Zakiah Ulfiah., “Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar,” Journal on Education 5, no. 2 (January 22, 2023): 3928–36, https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074.

Yuliani, Wiwin and Nurmauli Banjarnahor, “Metode Penelitian Pengembangan (Rnd) Dalam Bimbingan Dan Konseling”, Quanta: IKIP SILIWANGI, STBA YAPARI ABA Bandung 5, no. 3 (September, 2021): 111-118, https://doi.org/10.22460/q.v2i1p21-30.642.Pembelajaran MIPA di UNESS, Semarang, 2 April.

Yunanto, Andhik Ampuh, Darlis Herumurti, Siti Rochimah, and Imam Kuswardayan, “English Education Game Using Non-Player Character Based On Natural Language Processing”, Procedia Computer Science 161, (2019): 502-508, https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.11.158.

Downloads

Published

2023-12-19