Utilitarianisme Islam dan Risiko Pengaruhnya terhadap Shopee Buyer Satisfaction

Authors

  • Faza Faizatul Ummah Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Tony Seno Aji Universitas Negeri Surabaya
  • Imam Sopingi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

DOI:

https://doi.org/10.33752/jies.v5i1.5909

Keywords:

Utilitarianisme Islam, Risiko, Kepuasan Pelanggan, Shopee

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menilai sejauh mana pengaruh secara parsial dan simultan faktor utilitarianisme Islam dan risiko terhadap kepuasan pelanggan E-commerce Shopee oleh mahasiswa aktif FE UNHASY. Penelitian ini menerapkan metode asosiatif kausal. Teknik purposive sampling digunakan untuk memilih sampel penelitian ini. Sampel penelitian ini mahasiswa aktif dari Fakultas Ekonomi UNHASY dengan karakteristik yang melakukan pembelian online shopee pada tahun 2022 sampai 2023 yaitu sebanyak 70 responden. Analisis data menggunakan teknik regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial utilitarianisme Islam memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan E-commerce Shopee. Sedangkan risiko berpengaruh negatif terhadap kepuasan pelanggan E-commerce Shopee.  Utilitarianisme Islam dan risiko secara simultan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pelanggan E-commerce Shopee. Berdasarkan temuan penelitian ini diharapkan E-commerce Shopee dapat memperkokoh utilitarianisme Islam perusahaan, memperkuat manajemen risiko, dan kebijakan perusahaan yang tepat dan efisien perihal kepuasan pelanggannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrilliana, N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Grab di Kota Palembang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 1(2), 46–55. https://doi.org/10.47747.119

Agustina, R., Akhiroh, Z., & Djasuli, M. (2023). Manajemen Resiko Berabasis Al- Qur’an. Sibatik Journal, 2(2), 491–496. https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i2.604

Aisy, G. R., & Windiarti, S. (2022). Kepercayaan dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada E-Commerce Shopee. Sosio E-Kons, 14(2), 144–154. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v14i2.12071

Al-Qurṭubī, A. M. ibn A. ibn A. B. ibn F. al-A. al-K. al-A. (2023). Tafsir al-Qurthubi (A. Bewley (Ed.); vol 7). Diwan Press.

Almaiah, M. A., Al-Rahmi, A. M., Alturise, F., Alrawad, M., Alkhalaf, S., Lutfi, A., Al-Rahmi, W. M., & Awad, A. B. (2022). Factors Influencing the Adoption of Internet Banking: An Integration of ISSM and UTAUT with Price Value and Perceived Risk. Frontiers in Psychology, 13, 919198. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.919198

Amirtha, R., Sivakumar, V. J., & Hwang, Y. (2021). Influence of Perceived Risk Dimensions on e-Shopping Behavioural Intention among Women—A Family Life Cycle Stage Perspective. In Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research (Vol. 16, Issue 3, pp. 320–355). https://doi.org/10.3390/jtaer16030022

As-Suyuthi, J., & Al-Mahali, J. (2018). Tafsir Jalalain. Senja Lansia Utama.

Basri, H., Sopingi, I., & Sudarwanto, T. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Muzakki (Studi Kasus Pada Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng Jombang). JIES : Journal of Islamic Economics Studies, 1(2), 110–125. https://doi.org/10.33752/jies.v1i2.203

Bintarti, S. (2019). Nilai Kepuasan Pelanggan : Kesesuaian Harga Dan Kualitas Pelayanan Yang Dirasakan Konsumen. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 16(1), 91. https://doi.org/10.33370/jmk.v16i1.315

Bleier, A., Harmeling, C. M., & Palmatier, R. W. (2018). Creating Effective Online Customer Experiences. Journal of Marketing, 83(2), 98–119. https://doi.org/10.1177/0022242918809930

Canon, S., DN, D. A., Fauza, M., & Sopingi, I. (2024). Dinamika Ekonomi Mikro Syariah: Prinsip, Aplikasi, dan Implementasi. PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.

Chang, T.-S. (2021). Social distancing in retail: Influence of perceived retail crowding and self-efficacy on employees’ perceived risks. Journal of Retailing and Consumer Services, 62, 102613. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2021.102613

Dianari, R. G. F. (2019). Pengaruh E-Commerce Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Bina Ekonomi, 22(1), 43–62. https://doi.org/10.26593/be.v22i1.3619.45-64

Erjavec, J., & Manfreda, A. (2022). Online Shopping Adoption During COVID-19 and Social Isolation: Extending the UTAUT Model with Herd Behavior. Journal of Retailing and Consumer Services, 65, 102. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2021.102867

Handayani, D. L. (2019). Etika Bisnis Islam: Sebuah Kajian Komparatif. Jurnal BAABU AL-ILMI: Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 4(1), 36. https://doi.org/10.29300/ba.v4i1.1852

Hermanzah, L. A., & Sopingi, I. (2022). Strategy of Islamic Marketing: Studi Kasus Pada Pariwisata Religi. JIES: Journal of Islamic Economics Studies, 3(2010), 109–125. https://doi.org/10.33752/jies.v3i3.681

Istirokhah, N. (2020). Pengaruh Nilai Utilitarian Dan Nilai Hedonik Ponorogo Pada Situs Belanja Online. FEBI IAIN Ponorogo.

Judijanto, L., Sudarmanto, E., Irma Tripalupi, R., Sopingi, I., Nafisah Hayaty, F., Mutaqin, K., Nurwahidah, D., Vita Lestari Soehardi, Dwi Hergastyasmawan, A., & Lubis, N. (2024). INOVASI EKONOMI SYARIAH: Menyongsong Pertumbuhan dan Keadilan. Yayasan Literasi Sains Indonesia.

K, K. C. Y., Sopingi, I., Haryanti, P., Hidayati, A., Musfiroh, A., Rifardi, L. M. P., & Sobaroh, L. (2023). Pengarahan Peningkatan Kapabilitas Usaha Mandiri Bolen Pisang melalui Marketing Mix di desa Bibrik Madiun. Dinamis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 117–126. https://doi.org/10.33752/dinamis.v3i2.5680

Kamarudin, J., Nursiah, N., & ... (2022). Pengaruh Faktor Kemudahan, Keamanan, dan Resiko Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Mobile Banking (Studi Kasus Pada Nasabah BRI Kabupaten Mamuju). FORECASTING: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(2), 11–18.

Katsir, I. (Ed.). (2017). Tafsir Ibnu Katsir jilid 3. Pustaka Imam asy-Syafi’i.

Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Tan, C. T., & Leong, S. M. (2018). Marketing management: an Asian perspective. Pearson London.

Mappesona, H., Ikhsani, K., & Ali, H. (2020). Customer Purchase Decision Model, Supply Chain Management And Customer Satisfaction: Product Quality And Promotion Analysis. International Journal Of Supply Chain Management, 9(1), 592–600. https://doi.org/10.59160/ijscm.v9i1.4336

Musta’anah, A., & Sopingi, I. (2019). Implementasi Pengelolaan Zakat Produktif Hibah Modal Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mustahik Miskin (Studi Pada Baznas Kota Mojokerto). ZISWAF : Jurnal Zakat Dan Wakaf, 6(1), 65. https://doi.org/10.21043/ziswaf.v6i1.5611

Nisa, K., & Sopingi, I. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Emosional Marketing dan Spiritual Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan. JIES : Journal of Islamic Economics Studies, 1(1), 50–60. https://doi.org/10.33752/jies.v1i1.197

Ong, A. K. S., Prasetyo, Y. T., Vallespin, B. E., Persada, S. F., & Nadlifatin, R. (2022). Evaluating the Influence of Service Quality, Hedonic, and Utilitarian Value on Shopper’s Behavioral Intentions in Urban Shopping Malls During the COVID-19 Pandemic. Heliyon, 8(12). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e12542

Osakwe, C. N., Hudik, M., Říha, D., Stros, M., & Ramayah, T. (2022). Critical factors characterizing consumers’ intentions to use drones for last-mile delivery: Does delivery risk matter? Journal of Retailing and Consumer Services, 65, 102865. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2021.102865

Patimah, S. D. (2019). Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Risiko dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen dalam Belanja Online Perspektif Ekonomi Islam di Kabupaten Pulang Pisau. IAIN Palangka Raya, 1–148.

Rahman, F. A., Sopingi, I., & Aji, T. S. (2024). Efficiency of Islamic Marketing: Sebuah Pendekatan Case Study. Journal of Cross Knowledge, 2(1), 52–61.

Rita, P., Oliveira, T., & Farisa, A. (2019). The impact of e-service quality and customer satisfaction on customer behavior in online shopping. Heliyon, 5(10). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e02690

Saepullah, A. (2020). John Stuart Mill’s Concept of Utilitarianism: Relevance to Islamic Sciences or Thought. Aqlania: Jurnal Filsafat Dan Teologi Islam, 11(2), 243–261.

Shella, G. K. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Resiko dan Penanganan Keluhan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pembelian Online Shopee Oleh Mahasiswa Di Pekanbaru. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Solihin, S., & Zuhdi, S. (2021). Pengaruh Kualitas Website dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal Informatika Kesatuan, 1(1), 13–22. https://doi.org/10.37641/jikes.v1i1.403

Sopingi, I. (2014). Etika Bisnis Menurut Al-Ghazali: Telaah Kitab Ihya’ ’Ulum Al-Din. Iqtishoduna: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 10(2), 142–148. https://doi.org/10.18860/iq.v10i2.3223

Sopingi, I., Haryanti, P., & Santoso, R. P. (2024). Pengaruh Label Halal, Variasi Produk, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif Terhadap Minat Beli. Jurnal Ilmiah Edunomika, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.29040/jie.v8i1.11648

Suciana, S. K. (2018). Pengaruh E-Commerce Knowledge, Risiko, Dan Teknologi Terhadap Kepercayaan Dan Niat Beli Online. Jurnal Manajemen Dayasaing, 19(2), 86–92. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v19i2.5382

Sugiyono, P. D. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Susamto, A. A. (2020). Toward a New Framework of Islamic Economic Analysis. American Journal of Islam and Society (AJIS), 37(1–2). https://doi.org/10.35632/ajis.v37il-2.591

Syarvina, W., Febrian, R., Akmal, A., Samri, Y., & Nasution, J. (2022). Qurthubi ’ S View : Consumption Behaviour In Surah Al- A ’ Raf Verse 31. JESKaPe: Jurnal Ekonomi Syariah, Akuntansi Dan Perbankan, 6, 13–29.

Tariyal, A., Bisht, S., Rana, V., Roy, S., & Pratap, S. (2022). Utilitarian and Hedonic Values of eWOM Media and Online Booking Decisions for Tourist Destinations in India. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 8(3), 137. https://doi.org/10.3390/joitmc8030137

Utami, A. R. H. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, Keamanan Dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Menggunakan E-Commerce. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 01(6), 79–93.

Wakit, M. D., Sopingi, I., & Kusuma, K. C. Y. (2024). Pengaruh Inklusi Keuangan Dan Literasi Keuangan Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah. Yayasan Literasi Sains Indonesia, 1(2), 183–191.

Yeni, A. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasankonsumen Dalam Persfektif Ekonomi Islam(Studi Pada Bisnis Online Shop: Shopee,Tokopedia, Bukalapak, Dan Lazadadi Kota Pekanbaru). In Uin Suska Riau.

Downloads

Published

2024-02-27

How to Cite

Ummah, F. F., Aji , T. S., & Sopingi, I. (2024). Utilitarianisme Islam dan Risiko Pengaruhnya terhadap Shopee Buyer Satisfaction. JIES : Journal of Islamic Economics Studies, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.33752/jies.v5i1.5909

Issue

Section

Articles