MEDIA YOUTUBE PADA MASA COVID-19: RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI HIMPUNAN

Authors

  • Restuningsih Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Sari Saraswati Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

DOI:

https://doi.org/10.33752/cartesian.v3i1.5211

Keywords:

Pembelajaran Daring, YouTube, Matematika

Abstract

Penyebaran virus COVID-19 berdampak di berbagai bidang kehidupan, salah satunya di bidang pendidikan. Pada masa ini, pembelajaran tidak lagi dilakukan di sekolah yang dikenal dengan istilah “pembelajaran daring”. Guru dapat memanfaatkan teknologi agar pembelajaran tetap terlaksana meskipun daring. Salah satu teknologi yang dapat digunakan guru adalah YouTube yang digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon siswa dalam menggunakan media YouTube dalam pembelajaran matematika materi himpunan. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 siswa kelas VII dengan teknik sampel jenuh. Data dikumpulkan menggunakan instrumen angket respon siswa. Data kemudian dianalisis secara statistik deskriptif untuk mendapatkan persentase masing-masing kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) 60% siswa merespon penggunaan video YouTube tidak membingungkan bagi mereka, (2) 80% siswa merespon bahwa mereka tertarik jika pembelajaran dilakukan seperti di video YouTube, (3) 100% siswa termotivasi belajar menggunakan video YouTube, (4) 60% siswa tidak mengalami kesulitan dalam memahami materi di video YouTube, dan (5) 60% siswa merasa pemberian contoh soal dan penyelesaiannya di video YouTube memudahkan mereka dalam memahami materi himpunan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwehaibi, H. 2015. The Impact of UsingYouTube in EFL Classroom on Enhancing EFL Students' Content Learning. Journal of College Teaching & Learning, 12(2), 121-126.

Anhusadar, L. 2020. Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid 19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44-58.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 55-61.

DeWitt, A., & Dorothy, N. (2013). The potential of Youtube for teaching and learning in the performing arts.

Gates, B. (2020). Responding to Covid-19—a once-in-a-century pandemic? New England Journal of Medicine, 382(18), 1677-1679.Hatta, M. (2017). Unsur-Unsur Dinamis Pembelajaran Fasilitas Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kepuasan Siswa MTs. Manajemen Pendidikan, 12(1), 38–47. https://doi.org/10.23917/jmp.v12i1.2973

Humaidi, dkk. 2022. Respon Siswa terhadap Penggunaan Video Youtube sebagai Media Pembelajaran Daring Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(2), 153–162. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.9108

Maulahela, H., dkk. 2020. Gastrointestinal Endoscopy in the Time of COVID-19 Pandemic: Current Guidelines and Experience from Indonesian Tertiary Endoscopy Centre. The Indonesian Journal of Gastroenterology, Hepatology, and Digestive Endoscopy, 21(1), 45-52.

Purwanto, A., dkk. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.

Srinivasacharlu, A. 2020. Using YouTube in Colleges of Education. Shanlax International Journal of Education, 8(2), 21–24.

Sugiyono. 2019. Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Süren, N., & Kandemir, M. A. 2020. The Effects of Mathematics Anxiety and Motivation on Students’ Mathematics Achievement. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 8(3), 190. https://doi.org/10.46328/ijemst.v8i3.926

Tutiasri, R. P., dkk. 2020. Pemanfaatan Youtube sebagai Media Pembelajaran Bagi Mahasiswa di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi, Masyarakat Dan Keamanan, 2(2).

Published

2023-11-29

How to Cite

Restuningsih, & Sari Saraswati. (2023). MEDIA YOUTUBE PADA MASA COVID-19: RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI HIMPUNAN. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 28–34. https://doi.org/10.33752/cartesian.v3i1.5211