ANALISIS VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARAN KARTU U-FRAC UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Triana Nurlailiya Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Nihayatus Sa'adah Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

DOI:

https://doi.org/10.33752/cartesian.v3i1.5205

Keywords:

Media Pembelajaran, Pecahan, Matematika

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang mampunya siswa dalam melakukan operasi hitung pecahan. Proses belajar yang menyenangkan dalam materi konsep pecahan bisa membantu meningkatkan pemahaman siswa. Salah satu cara untuk menciptakan proses belajar yang menyenangkan adalah dengan menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran seperti U-Frac (Uno Fraction). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dengan prosedur yang ditempuh menggunakan model 4-D. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil kevalidan media U-Frac. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi. Berdasarkan hasil penilaian validator didapat data: (1) aspek materi dengan persentase skor sebesar 93,3%, termasuk dalam kriteria sangat valid, (2) aspek kualitas dan tampilan media dengan persentase skor sebesar 70,0%, termasuk dalam kriteria kurang valid, dan (3) aspek bahasa dengan persentase skor 70,0%, termasuk dalam kriteria kurang valid. Secara keseluruhan validator menilai media ini valid dengan persentase skor 77,7% sehingga media U-Frac dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. rev.ed. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kumala, S.A., Sumarni, S.A., Widiyatun, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran

Menggunakan Uno Stacko pada Materi Fisika Kelas X. Navigation Physics. 2(1).

Muhtar, N.A., Nugraha, A., Giyartini, R. (2020). Pengembangan Media IPA berbasis Information

Communication and Technology (ICT). PEDADIDAKTIKA. 7(4):20-30.

Plomp & Nieveen, N. (2013). Educational Design Research. Enschede: Netherlands Institute for Curriculum Development.

Rozak, A., Darmadi, Murtafi’ah, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Sasa-Aura untuk Meningkatkan Prestasi Peserta Didik SMK Cendekia Madiun Tahun Ajaran 2017/2018. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan. 18(1):2614-0578.

Suarjana, I.M., Parmiti, D.P., Safitri, P.E.A. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Pecahan Siswa Sekolah Dasar. International Journal Of Elementary Education. 2(2):144-155.

Yolanda, N.S. & Laia, N. (2023). Validitas Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Powtoon. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika, dan Sains. 7(2): 319-331.

Vikiantika, A., Kurnia, I., Rachmawati, D.N. (2021). Pengembangan Media Siduwan (Siklus Hidup Hewan) Berbasis Macromedia Flash di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5(6): 5984-5995.

Published

2023-11-29

How to Cite

Nurlailiya, T., & Nihayatus Sa'adah. (2023). ANALISIS VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARAN KARTU U-FRAC UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 23–27. https://doi.org/10.33752/cartesian.v3i1.5205