KEEFEKTIFAN SDL DENGAN STUDENT CENTERED APPROACH TERHADAP SELF EFFICACY DAN PENALARAN MATEMATIS

Authors

  • Fatimah Tuzahro Universitas Pancasakti Tegal
  • Isnani Universitas Pancasakti Tegal
  • Ponoharjo Universitas Pancasakti Tegal

DOI:

https://doi.org/10.33752/cartesian.v3i1.4794

Keywords:

Keefektifan, SDl, Student Centered Approach, Self Efficacy, Penalaran Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Self Direct Learning dengan pendekatan Student Centered Approach daripada model pembelajaran konvensional terhadap Self Efficacy dan Kemampuan Penalaran Matematis pada materi turunan. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA N 5 Tegal Tahun Ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel yang diambil sebanyak 105 peserta didik yang terdiri dari tiga kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Intrumen penelitian berupa angket Self Efficacy dan tes kemampuan penalaran matematis peserta didik dan telah diuji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikan 5%. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi, uji one sample t test, uji independent t test, uji manova dan uji τ! hotelling yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Self Direct Learning dengan pendekatan Student Centered Approach terhadap Self Efficacy dan Kemampuan Penalaran Matematis itu lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Eliyah, S., Isnani, I., & Utami, W. B. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Power Point Terhadap Kepercayaan Diri dan Prestasi Belajar. 4.

Fanany, F., Isnani, I., & Ahmadi, A. (2019). Keefektifan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kesulitan Belajar Matematika dan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 1(2), 144–153. https://doi.org/10.31851/indiktika.v1i2.3035

Haqqul, A., Fanani, I., & Saraswati, S. (2023). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Statistika Kelas VIII. Jurnal Cartesian, 02, 245.

Himmi, N. (2017). Korelasi Self Efficacy Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Semester Pendek Mata Kuliah Trigonometri UNRIKA. Phytagoras, 6(2), 143–150.

Isnani, I., Budi Waluya, S., Rochmad, R., Sukestiyarno, S., Suyitno, A., & Aminah, N. (2019). How is Reasoning Ability in Learning Real Analysis? International Conference on Agriculture, Social Sciences, Education, Technology and Health (ICASSETH), 429, 253–256.

Lestari, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemampuan Penalaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di SMP Negeri 20 Medan. Seminar Nasional Royal (SENAR), 565–568.

Suanarya, I. P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Self Direct Learning Terhadap Peningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sukasada. Jurnal Pasupati, 8(2), 110–122.

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Wahyuni, S., Sutriningsih, N., & Rahayu, S. (2023). Penerapan Media Geogebra Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Cartesian, 02, 236.

Published

2023-11-29

How to Cite

Tuzahro, F., Isnani, & Ponoharjo. (2023). KEEFEKTIFAN SDL DENGAN STUDENT CENTERED APPROACH TERHADAP SELF EFFICACY DAN PENALARAN MATEMATIS. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.33752/cartesian.v3i1.4794