Pengaruh Digital Payment dan Promosi Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FEBI IAI Darussalam Martapura

Authors

  • Siti Nur Sa’da Hayati Institut Agama Islam Darussalam Martapura
  • Rusdiana Institut Agama Islam Darussalam Martapura
  • Lola Malihah Institut Agama Islam Darussalam Martapura

DOI:

https://doi.org/10.33752/bisei.v8i2.5152

Keywords:

Digital Payment, Promosi, Perilaku Konsumtif Mahasiswa

Abstract

Latar belakang penelitian ini muncul karena kemajuan teknologi yang membawa berbagai inovasi baru pada era saat ini, terutama di sektor keuangan dengan adanya sistem pembayaran digital atau digital payment. Sistem ini memungkinkan untuk melakukan transaksi dalam berbagai kegiatan seperti bisnis, berbelanja, pembayaran transportasi umum, dan belanja online. Oleh karena itu, riset ini bertujuan mengevaluasi sejauh mana pengaruh digital payment dan promosi terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Metode riset yang dipakai ialah metode lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel riset ini terdiri dari 150 mahasiswa FEBI IAI Darussalam Martapura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersamaan, variabel Digital Payment dan Promosi memiliki pengaruh positif serta signifikan akan variabel Perilaku Konsumtif, dengan nilai sig. 0,000 (sig = 0,000 < α = 0,05). Secara terpisah, variabel Digital Payment (X1) memiliki pengaruh parsial yang signifikan dengan nilai signifikansi 0,029 < α = 0,05 atau nilai thitung = 2,201 < ttabel = 1,655. Sementara variabel Promosi (X2) juga memiliki pengaruh parsial yang signifikan dengan nilai sig. 0,000 < α = 0,05 atau nilai thitung = 6.552 > ttabel = 1.976.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armstrong, K. P. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran .

Arthur, O. (n.d.). Persepsi, Sikap, Dan Motivasi Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online. Jurnal EMBA 2(1) , 561-570.

Diana, I. N. (2012). Hadist-Hadist Ekonomi . Malang : UIN Maliki Press.

Hasanah, U. (2017). Hubungan Antara Interaksi Teman Sebaya dari Konsep Diri dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Putri. Surakarta.

Lola Malihah, A. Z. (2022). Analisis Perilaku Shopaholic ditinjau dari perspektif Manajemen dan Perspektif Islam. Musyarakah J. Sharia Econ 2, 71-79.

Lola Malihah, G. T. (2023). Analisis Pengaruh Brand Ambassador Balckpink Terhadap Minat Beli Produk OREO. JISIP. J. Ilmu Sos. dan Polit. 12, 220-232.

Lola Malihah, M. M. (2021). Analisis SWOT Terhadap motivasi penggunaan transaksi non tunai (Emoney) oleh pelaku UMKM (Studi pada pelaku UMKM disekitar lingkungan kampus IAI Darussalam Martapura). Musyarakah 1, 89-99.

Lola Malihah, Z. W. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Mie Sedaap dalam meningkatkan minat beli konsumen. J. Adm. Kant. Univ. Bina Insa, 11, 128-139.

NKD, F. (2023). LOGIQUE. Retrieved from LOGIQUE: http;//www.logique.com

Nur Inayah, L. M. (2023). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Menggunakan Produk Pembiayaan Murabahah di BMT Khaitul Amin Martapura Cabng Sukaramai. IHTIYATH J. Manaj. Keuang. Syariah IAIN Langsa Aceh, 111-125.

Pear, G. (2015). Modifikasi Perilaku. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saputra, L. (2019). Pengaruh Terpaan Online Shop Di Instagram terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Unmul). . Jurnal Ilmu Komunikasi 7(1), 142-153.

Sauqi, M. (2021). Hadist-Hadist Ekonomi Syariah. Martapura.

Suhara, R. (2017). Pengaruh Intensitas Terpaan Iklan Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif Pelajar. SOSFILKOM.

Trantang, J. (2018). Penyelesaian Sengketa melalui Lembaga Arbitrase. JUrnal Al-Qordh Volume 4, No. 2, 110.

Wati, S. (2020). pengaruh penggunaan sigital payment terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Umiversitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Surabaya.

Downloads

Published

2023-12-24

How to Cite

Hayati, S. N. S., Rusdiana, & Malihah, L. (2023). Pengaruh Digital Payment dan Promosi Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FEBI IAI Darussalam Martapura. BISEI : Jurnal Bisnis Dan Ekonomi Islam, 8(2), 123–134. https://doi.org/10.33752/bisei.v8i2.5152

Issue

Section

Artikel