Implementation Of Segmenting Targeting And Positioning Strategies In Improving Marketing Performance
DOI:
https://doi.org/10.33752/bima.v6i2.5939Keywords:
Kinerja Pemasaran, Literature Review, Segmenting, Targeting, positioningAbstract
Penelitian ini bertujuan membahas metode penelitian kualitatif studi pustaka. Metode yang digunakan adalah studi pustaka (library research), pengumpulan data dengan cara mencari sumber dan merkontruksi dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, dan riset-riset yang sudah ada. Inti pokok bahasan dalam penelitian ini membahas pentingnya strategi segmentasi targeting dan posisioning dalam meningkatkan kinerja pemasaran. Penulis melakukan tinjauan pustaka untuk menganalisis penelitian sebelumnya tentang topik ini. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kualitatif dan penelitian kepustakaan dengan menggunakan referensi terkini dari sumber-sumber seperti Google Scholars dan Mendeley. Temuan penelitian dianalisis dan digunakan untuk membahas penerapan strategi segmentasi targeting dan positioning dalam pemasaran. Tinjauan literatur mengungkapkan bahwa penerapan strategi ini dapat memberikan dampak positif terhadap kinerja pemasaran. Disarankan bahwa bisnis harus menggunakan strategi segmentasi targeting dan positioning untuk meningkatkan kinerja pemasaran suatu produk
Downloads
References
May Sandy Br Ginting. (2015)“Analisis Segmentasi Pasar Wisatawan Mancanegara yang Berkunjung ke bali dari Aspek Sosio-Ekonomi Demografi, Psikografi, dan Perilaku”dikutip pada01 Desember 2016, Pukul 19.26 WIB. Jurnal IPTA ISSN : 2338- 8633 Vol. 3 No. 2
Merakati, I., Rusdarti, & Wahyono. (2017). Pengaruh Orientasi Pasar,Inovasi, Orientansi Kewirausahaan melalui Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran. Journal of Economic Education, 6(2), 114–123.
Mulyani, T. I., & Mudiantono. (2015). Upaya Meningkatkan Kinerja Pemasaran Melalui Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan dengan Inovasi sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 4 (3), 1-12.
Ningsih, F. Y. (2020). Pengaruh Penerapan Strategi Segmenting, Targeting, Dan Positioning Terhadap Pembiayaan Mikro Pada PT. BRI Syariah KCP Muara Bungo. ISTIKHLAF: Jurnal Ekonomi, Perbankan Dan Manajemen Syariah, 2(2), 40–52. https://doi.org/10.51311/istikhlaf.v 2i2.211
Prasetyo, L. D., Moniharapon, S., & Loindong, S. (2017). Pengaruh faktor-faktor segmentasi demografis dan segmentasi psikografis terhadap keputusan pembelian pada Matahari departement store MTC Manado. Jurnal EMBA, 5(2), 1337–1347. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.p hp/emba/article/view/16163/15668
Rahmawati, A., & Aulawi, H. (2020). Dampak Penerapan Segmentation , Targeting , Positioning PT Kimia Farma Pada Pasar Nasional. Administrasi Kantor, 8(2), 209– 222.
Rusmawati,Yunni. (2017). Positioning Produk Dengan Pendekatan Analisis. Penerapan Strategi Segmentasi Pasar dan Positioning Produk dengan Pendekatan Analisis SWOT Untuk Peningkatan Penjualan Pada UD. Surya Gemilang Motor di Surabaya, 17, 1.
Rohimin, R. (2020). Reposisi Pendidikan Keluarga Bagi Anak Generasi Alfa. Nuansa, 12(2), 152–172. https://doi.org/10.29300/nuansa.v1 2i2.2765
Safitri Ravindra, (2017). Analisis Pengaruh Strategi Segmentasi, Targeting, dan Positioning Terhadap Keputusan Pelanggan Membeli Nu Green Tea. Vol. 6 No. 1.
Setyawati, H. A. (2013). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Perusahaan Melalui Keunggulan Bersaing dan Persepsi Ketidakpastian Lingkungan Sebagai Prediksi Variabel Moderasi. Jurnal Fokus Bisnis, 12(2), 20–32. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v12i2.3
Sinem Korkmaz and John I. Messner (2008). Competitive Positioning and Continuity of Construction Firms in International Markets. Journal of Management in Engineering : Asce.
Sinurat, E. J. (2018). Analisis Segmentation, Targetting, Positioning Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Pt Bank Sumut Imam Bonjol Medan. Jurnal Ilmiah Methonomi, 4(2), 765–765. https://doi.org/10.1007/978-3-540- 72816-0_19456
Soegoto, Eddy Soeryanto. (2009). Enterpreneurship, Edisi Pertama. Jakarta: PT. ElekMedia Komputindo.
Solomon, Michael R. dan Stuart. (2002) Marketing : Real People, Real. Choices, Prentice Hall, New Jersey.
Tjiptono, Fandy (2017), Strategi Pemasaran, Edisi 4, Yogyakarta: Andi.
Tumini, Hendra, J., & Ranjanis, S. (2021). Pengaruh Strategi STP ( Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Sepeda Motor Matic di Kota Probolinggo). Ecobuss, 9(2), 87–94
Utami, Christina Widhya. 2010. Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat
Widodo, H. P., & Maryama, M. (2021). Strategi Segmenting, Targeting dan Positioning dalam Membentuk Brand Image Kafe Pan Java. Jurnal Komunikasi Nusantara, 3(2), 129–139. https://doi.org/10.33366/jkn.v3i2.8 5
Wijaya Hari, dan Sirine Hani. (2016). Strategi Segmenting, Targeting, Positioning Serta Strategi Harga Pada Perusahaan Kecap Blekok Di Cilacap. Vol. 01 No. 03.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rohmad Prio Santoso, Lilis Sugi Rahayu Ningsih, Winaika Irawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.