Analisis Budaya Organisasi Pada Umkm Fruit Thai Di Wisata Religi Makam Gus Dur Jombang

Authors

  • Mohammad Haidar Ali Unversitas Hasyim Asy'ari
  • Alfina Nur Jannah
  • Nurul Khoiriyatis Sa’adah Unversitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v6i2.5938

Keywords:

Budaya Organisasi, UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis budaya organisasipada UMKM Fruit Thai di Kawasan Makam Gus Dur. Budaya organisasi memiliki peran penting dalam menentukan kinerja karyawan dan keberhasilan organisasi. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam dan analisis dokemen sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa UMKM Fruit Thai memiliki budaya organisasi yang berorientasi pada kulaitas, inovasi, dan kepuasan pelanggan. Kualitas produk dijaga melalui penggunaan bahan berkualitas dan proses produksi higenis. Inovasi terus menerus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan meningkatkan efesiensi produksi. Budaya organisasi ini tercermin dalam praktik sehari-hari, seperti briefing sebelum bekerja, bekerjasama antar karyawan, dan acara Bersama untuk memperkuat rasa kebersamaan. Faktor-faktor yang memepengaruhi budaya organisasi meliputi ukuran organisasi, kebijakan manajemen, lingkungan budaya dan persaingan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiningsih, S. (2010). Waspadai Gizi Balita Anda. Elex Media Komputindo.

Agmasari, M., & Septyarini, E. (2023). Pengaruh Lingkungan Kerja, Kompensasi, dan Budaya Organisasi terhadap Loyalitas Kerja Karyawan PT Antar Lintas Sumatera di Yogyakarta. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i2.1670

Ali, M., Andriani, N., & Syarif, M. (2023). Consumer perceptions and purchase intention of healthy food products based on promotions and consumer knowledge. Enrichment : Journal of Management, 13(3), Article 3. https://doi.org/10.35335/enrichment.v13i3.1549

Ali, M. H. (2020). Penerapan Etika Bisnis Dan Strategi Manajemen Saat Pandemi Covid-19 Bagi Umkm. Eco-Entrepreneur, 6(1).

Ali, M. H., Wahyudi, M. A. T., & Yuni K, K. C. (2023). Strategi brand experience untuk memenangkan persaingan dan meningkatkan loyalitas pelanggan pada kedai kopi aladeen coffee. 08(01).

Astuti, D. (2022). Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.56127/jaman.v2i2.181

Az Zuhri, F. M., & Permanasari, K. I. P. (2019). Analisis Budaya Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Fis Universitas Negeri Malang. Ekonomi Bisnis, 24(2), 93. https://doi.org/10.17977/um042v24i2p93-103

Cenyo Mofu, A., Fatmawada, & Lan, D. (2023). Analisis Budaya Organisasi Pada Pariwisata Kabupaten Biak Numfor. Mimbar Administrasi Mandiri, 19(1), 93–104. https://doi.org/10.37949/mimbar19161

Jahroni, J., Darmawan, D., Mardikaningsih, R., & Sinambela, E. A. (2021). Peran Insentif, Perilaku Kepemimpinan, dan Budaya Organisasi terhadap Penguatan Komitmen Organisasi. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 4(2), Article 2. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i2.601

Lestari, D. A., Savitri, E., & Natariasari, R. (2022). Kinerja Umkm Ditinjau Dari Budaya Organisasi, Orientasi Kewirausahaan, Manajemen Kualitas Total, Dan Modal Sosial | Current: Jurnal Kajian Akuntansi dan Bisnis Terkini. https://current.ejournal.unri.ac.id/index.php/jc/article/view/152

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Nuraini, A., & Anah, L. (2022). Pengaruh Beban Kerja dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan di Masa Pandemi COVID-19 Pada PT. Gramedia Asri Media Surabaya. BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 4(3), 477–490. https://doi.org/10.33752/bima.v4i3.5566

Praditya, R. A. (2022). Peran Mediasi Budaya Organisasi dalam Hubungan antara Kepemimpinan Transformasional dan Efektivitas Organisasi: A Mini Review. International Journal Of Social, Policy And Law, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.8888/ijospl.v3i1.97

Rakhmat, I. I., M.Kes, D. H. J., dr, M.Kes, D. E. R. Y., drg, M.Kes, D. R. H., dr, Fauzan, K. B., Mutiadewi, N. S., & Candra, B. D. (2021). Sayuran Dan Buah Berwarna Ungu Untuk Meredam Radikal Bebas. Deepublish.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2022). Essentials of organizational behavior (Fifteenth edition, global edition). Pearson.

Sarumaha, W. (2022). Pengaruh Budaya Organisasi dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi, 1(1), 28–36. https://doi.org/10.56248/jamane.v1i1.10

Setiadi, R., & Atussholiha, A. (2021). Penilaian Kepuasan Konsumen Dapat Di Lihat Dari Promosi Penjualan Dan Kualitas Produk Pada Studi Kasus Umkm Di Kabupaten Brebes. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 16(1), Article 1. https://doi.org/10.32534/jv.v16i1.1878

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.

Wahyudi, M. A. T., Anah, L., & Mahfudiyanto. (2023). Perilaku organisasi ??? Sebuah pendekatan, pemahaman dan contoh sederhana. Lppm unhasy tebuireng Jombang.

Downloads

Published

2024-02-10

How to Cite

Ali, M. H., Jannah, A. N., & Sa’adah, N. K. (2024). Analisis Budaya Organisasi Pada Umkm Fruit Thai Di Wisata Religi Makam Gus Dur Jombang. BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 6(2), 273–279. https://doi.org/10.33752/bima.v6i2.5938

Issue

Section

Articles