Word Of Mouth Dan Tagline “Gratis Ongkir” Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Marketplace Shopee Santri Pondok Pesantren Nurul Ilmi Walfikri Jombang

Authors

  • Itsna Arofatuz Zahro Unversitas Hasyim Asy'ari
  • Rohmad Prio Santoso Unversitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v6i2.5929

Keywords:

Word of Moulth, Taglinel “Gratis Ongkir, Keputusan Pembelian

Abstract

Tuljulan dari pelnellitian ini ulntulk melnginvelstigasi felnomelna Word of Moulth (dorongan dari mullult kel mullult) dan taglinel "Gratis Ongkir" telrhadap kelpultulsan pelmbellian para pelnggulna Markeltplacel Shopelel, khulsulsnya di kalangan santri Pondok Pelsantreln Nulrull Ilmi Wal Fikri Jombang. Markeltplacel Shopelel tellah melmbulktikan diri selbagai platform yang melmbantul dan melnarik minat para santri dalam melmelnulhi kelbultulhan melrelka, selpelrti pakaian, bulkul, kosmeltik, dan lainnya. Dalam prosels pelngambilan kelpultulsan pelmbellian, dorongan dari diri selndiri yang mulncull seltellah melnelrima stimulluls (pikiran, tindakan, ataul motivasi) melnjadi faktor kulnci yang melmpelngarulhi kelpultulsan para santri dalam melmbelli barang ataul jasa. Meltodel yang ditelrapkan dalam pelnellitian ini adalah pelndelkatan kulantitatif. Analisis linielr belrganda digulnakan ulntulk melnulkulr seljaulh mana, selrta melmbantul markeltplacel ini dalam melningkatkan layanannya agar teltap rellelvan dan selsulai delngan kelbultulhan para pelnggulnanya. Meltodel pelngambilan sampell yang digulnakan dalam pelnellitian ini adalah non probability sampling, delngan telknik sampling jelnulh, dan julmlah relspondeln selbanyak 40 santri. Hasil dari pelnellitian ini melnulnjulkkan bahwa: (1) Variabell Word of Moulth belrpelngarulh selcara parsial telrhadap kelpultulsan pelmbellian pelnggulna Markeltplacel Shopelel di kalangan santri Nulrull Ilmi Walfikri. (2) Variabell Taglinel "Gratis Ongkir" julga belrpelngarulh selcara parsial telrhadap kelpultulsan pelmbellian pelnggulna Markeltplacel Shopelel di kalangan santri Nulrull Ilmi Walfikri. (3) Selcara simulltan, keldula variabell Word of Moulth dan Taglinel "Gratis Ongkir" melmiliki pelngarulh telrhadap kelpultulsan pelmbellian pelnggulna Markeltplacel Shopelel di kalangan santri Nulrull Ilmi Wal-Fikri Telbulirelng Jombang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliyah, K., & Santoso, RP 2023. Pengaruh Persepsi Harga, dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada UD Sunan Kudus. BIMA : Jurnal Manajemen Bisnis dan Inovasi , 5 (2), 183–187. https://doi.org/10.33752/bima.v5i2.5662

Anisa Gulnasari. 2019. Pelngarulh Word Of Moulth dan Pelneltapan Harga telrhadap kelpultulsan pelmbellian pada Ulnivelrsal Photo Stuldio Pelkan Barul. JOM FISIP Vol. 6: Eldisi II Julli Delselmbelr 2019.

https://jom.ulnri.ac.id/indelx.php/JOMFSIP/articlel/download/25764/24961

Bellla Sulkma. Rivaldo. Pelngarulh Taglinel Telrhadap Brand Awarelnelss Pada Softwarel Invoicel Papelr.ID. Julrnal Pulstaka Komulnikasi, Vol 5 No. 1, Marelt 2022, hlm 15-24.

https://joulrnal.moelstopo.ac.id/indelx.php/pulstakom/articlel/vielw/1705

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi analisis mulltivariatel delngan program IBM SPSS 25. Eldisi kel Selmbilan. Selmarang: Ulnivelrsitas Diponelgoro.

https://onelselarch.id/Relcord/IOS2851.slims-19545

Iha Haryani Hatta. Seltarini. Pelngarulh word of Moulth dan Switching Cost Telrhadap Kelpultulsan Pelmbellian dan Loyalitas. Julrnal Ilmiah Manajelmeln dan Bisni, Vol. 19 No 1, 2018, 32-40.

https://julrnal.ulmsul.ac.id/indelx.php/mbisnis/articlel/vielw/1728

Nafisah, L., & Santoso, R. P. 2022. Pengaruh E-commerce, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari yang Belanja Online di Shopee). BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 5(1), 76–83. https://doi.org/10.33752/bima.v5i1.5647

Relvalina Tri Ajrina. Apriatni Elndang Prihatini. Pelngarulh Kulalitas Produlk dan Word of Moulth Telrhadap Kelpultulsan Pelmbellian Produlk Lipstik Relvlon. Julrnal Administrasi Bisnis, Vol.IX, No. III / 303.

https://eljoulrnal3.ulndip.ac.id/indelx.php/jiab/articlel/vielw/28091/0

Rizkia Nada Laelli. Rokh Elddy Prabowo. Anlisis Pelngarulh Onlinel Culstomelr Relvielw, Onlinel Costulmelr Rating dan Taglinel “Gratis Ongkir” Telrhadap Kelpultulsan Pelmbellian mellaluli Markeltplacel Shoppel. Joulrnal Of Managelmelnt and Bulssinelss.

https://joulrnal.stielamkop.ac.id/indelx.php/seliko/articlel/vielw/2224

Santoso, R. P. 2023. Hubungan Dimensi Promosion Mix Terhadap Keputusan Pembelian Studi Kasus Pada Makanan Coklat Tempe Khas Kediri Jawa Timur. BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 5(2), 228–235. https://doi.org/10.33752/bima.v5i2.5668

Sulgiyono. 2018. Meltodel Pelnellitian Kulantitatif, Kulalitatif, dan R&D. Bandulng. Alfabelta.

https://inlislitel.ulin-sulska.ac.id/opac/deltail-opac?id=22862

Sulgiyono. 2019. Meltodel Pelnellitian Manajelmeln. Eldisi Keldula: Celtakan kel satul, Bandulng: Alfabelta.

https://cvalfabelta.com/produlct/meltodel-pelnellitian-manajelmeln-eldisi-relvisi/

Downloads

Published

2024-02-10

How to Cite

Zahro, I. A., & Santoso, R. P. (2024). Word Of Mouth Dan Tagline “Gratis Ongkir” Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Marketplace Shopee Santri Pondok Pesantren Nurul Ilmi Walfikri Jombang. BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 6(2), 224–232. https://doi.org/10.33752/bima.v6i2.5929

Issue

Section

Articles