Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap Minat Beli Konsumen Pada E-Marketplace Shopee

Authors

  • Chalimatus Sa’diyah Unversitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v6i2.5903

Keywords:

Online customer review, Online customer rating, minat beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap minat beli konsumen marketplace Shopee pada mahasiswa program studi manajemen angkatan 2018 universitas Hasyim Asy'ari. Metode penelitian yang dipakai yakni penelitian kuantitatif di pendekatan asosiatif. Teknik analisis data yang dipakai yakni uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik (meliputi uji normalisasi, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas), analisis regresi linier berganda, uji t (uji parsial), uji f (uji simultan), dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan (1) Online customer review berpengaruh kepada minat beli konsumen marketplace Shopee. (2) Online customer rating berpengaruh kepada minat beli konsumen marketplace Shopee. (3) Online customer review juga online customer rating berpengaruh kepada minat beli konsumen marketplace Shopee. Disarankan untuk penelitian selanjutnya mengembangkan variabel lain memengaruhi minat beli, karena tidak menutup kemungkinan dengan lebih banyak variabel menghasilkan kesimpulan lebih” baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, D., & Rohmad Prio Santoso. (2023). Pengaruh Promosi dan Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Honda Scoopy (Studi Kasus Pada PT. Tunas Dwipa Matra Diwek, Jombang). JURNAL EKONOMI BISNIS DAN MANAJEMEN, 1(4), 135–146.

https://doi.org/10.59024/jise.v1i4.352

Alananto, D. & Wulandari, R., (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (Jrmb) Fakultas Ekonomi Uniat, 3(1), 11–18.

Farhan Hasrul, A., Suharyati, & Sembiring, R. (2021). Analisis Pengaruh Online Customer Review Dan Rating Terhadap Minat Beli Produk Elektronik Di Tokopedia. Korelasi. Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi. Fakultas, 2(1), 1352–1365.

Fauzi, S., & Lina, L. F. (2021). Peran Foto Produk, Online Customer Review Dan Online Customer Rating Pada Minat Beli Konsumen Di E-Commerce. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), 21. Https://Doi.Org/10.24853/Jmmb.2.1.151-156

Febrina, C. A., Ariany, F., & Megawaty, D. A. (2021). Aplikasi E-Marketplace Bagi Pengusaha Stainless Berbasis Mobile Di Wilayah Bandar Lampung. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (Jtsi), 2(1), 15–22.

Gabriela, Yoshua, & Mulyandi, M. R. (2022). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Minat Beli Pelanggane-Commerce. Jurnal Jempper : Jurnal Ekonomi, Manajemen Parawisata Dan Perhotelan, 1(1), 121–125.

Harli, I. I., Mutasowifin, A., & Andrianto, M. S. (2021). Pengaruh Online Consumer Review Dan Rating Terhadap Minat Beli Produk Kesehatan Pada E-Marketplace Shopee Selama Masa Pandemi Covid-19. Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(4), 558–572.

Https://Doi.Org/10.31842/Jurnalinobis.V4i4.205

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25–32. Https://Doi.Org/10.24123/Jbt.V1i01.296

Kurniawan, B. (2021). Pengaruh Online Customer Reviews Dan Rating Terhadap Minat Pembelian Di Lazada. Jurnal Ilmiah Bisnis Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 121–129.

Kusuma, A. P., & Prasetya, K. A. (2017). Perancangan Dan Implementasi E-Commerce Untuk Penjualan Baju Online Berbasis Android. Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 11(1), 1–11. Https://Doi.Org/10.35457/Antivirus.V11i1.194

Lackermair, G., Kailer, D., & Kanmaz, K. (2013). Importance Of Online Product Reviews From A Consumer’s Perspective. Advances In Economics And Business, 1(1), 1–5. Https://Doi.Org/10.13189/Aeb.2013.010101

Latief, F., & Ayustira, N. (2019). Pengaruh Online Costumer Review Dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Di Sociolla. Jurnal Mirai Managemnt, 4(2), 122–136.

Liu, C. L., Hsaio, W. H., Lee, C. H., Lu, G. C., & Jou, E. (2012). Movie Rating And Review Summarization In Mobile Environment. Ieee Transactions On Systems, Man And Cybernetics Part C: Applications And Reviews, 42(3), 397–407. Https://Doi.Org/10.1109/Tsmcc.2011.2136334

Mauli, M. R., & Zulfebriges. (2022). Pengaruh Online Customer Review Dan Rating Media Online Shopee Terhadap Minat Beli Konsumen Brand Erigo. Bandung Conference Series: Communication Management, 2(1), 333–337. Https://Doi.Org/10.29313/Bcscm.V2i1.1840

Mawa, S. F., & Cahyadi, I. F. (2021). Pengaruh Harga, Online Customer Review Dan Rating Terhadap Minat Beli Di Lazada (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Iain Kudus Angkatan 2017). Bisnis : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 9(2), 253. Https://Doi.Org/10.21043/Bisnis.V9i2.11901

Meldarianda, R., Lisan, H., Kristen, U., & Bandung, M. (2010). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Resort Café Atmosphere Bandung. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (Jbe), 17(2), 97–108.

Syah, Muhammad Ariq (2020). Analisis Pengaruh Online Customer Review Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Kosmetik ( Studi Kasus Pada Pengguna Famaledaily Indonesia ). Diponegoro Journal Of Management, 9(3), 1-9. Issn Online : 2337-3792.

Ramadhani, T., Budimansyah, B., & Sanjaya, Vi. F. (2021). Pengaruh Rating Dan Online Consumer Review Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Pemediasi Pada Marketplaceshopee Dalam Persfektif Ekonomi Islam (Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). Revenue: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 2(2), 143–162.

Https://Doi.Org/10.24042/Revenue.V2i2.9623

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Tekege, M. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Sma Yppgi Nabire. Jurnal Teknologi Dan Rekayasa, 2(1), 40–52.

Tsang, A. S. L., & Prendergast, G. (2009). Is A “Star” Worth A Thousand Words?: The Interplay Between Product-Review Texts And Rating Valences. European Journal Of Marketing, 43(11), 1269–1280.

Https://Doi.Org/10.1108/03090560910989876

Wibisono, H., Wijaya, K. E., Program, F. A., Perhotelan, M., Manajemen, S., Bisnis, F., & Ekonomi, D. (2021). Pengaruh Online Review Dan Online Rating Terhadap Minat Beli Pada Konsumen Pergikuliner Di Surabaya. Journal Management Hospitality Dan Jasa, 9(1), 1–14.

Downloads

Published

2024-02-10

How to Cite

Sa’diyah, C. (2024). Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap Minat Beli Konsumen Pada E-Marketplace Shopee. BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 6(2), 165–178. https://doi.org/10.33752/bima.v6i2.5903

Issue

Section

Articles