Pengaruh Lokasi, Citra Lembaga Dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Nasabah Menabung di BMT UGT Nusantara Jombang

Authors

  • Ahmad Akbar Febrian Unversitas Hasyim Asy'ari
  • Winaika Irawati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v6i2.5900

Keywords:

Lokasi, Citra Lembaga, Bagi Hasil, Keputusan menabung

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang hubungan antara pemilihan lokasi, citra lembaga dan sistem penerapan bagi hasil yang diterapkan oleh BMT UGT Nusantara Cabang Jombang dalam upaya memberikan pengaruh terhadap pengambilan keputusan menabung nasabah. Prosesnya, dalam menyelesaikan permasalahan dalam penelitian ini menggunakan metode kuntatif dalam upaya memberikan jawaban atas persoalan peneltian. Ada sebanyak 80 responden yang diambil secara acak untuk mendapatkan bahan penelitian kali ini.

Hasilnya menunjukkan bahwa secara parsial, ada pengaruh yang signifikan dalam pemilihan lokasi BMT UGT Nusantara Cabang Jomang terhadap keputusan nasabah dalam menabung. Mengenai citra lembaga, secara parsial tidak memberikan pengaruh apapun. Bagi hasil sebagai variabel penelitian kali ini dinyatakan memberikan sebuah pengaruh terhadap keputusan menabung nasabah. Atas temuan tersebut, maka variabel tersebut secara simultan mengenai keputusan nasabah dalam menabung dipengaruhi oleh hal tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abil, H., & Edy, S. (2021). Pengaruh Bagi Hasil Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menabung Anggota BMT UGT Sidogiri Capem Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam, 2(I), 118–134.

Alamsyah, I., Wahyuni, S., & Zuliyanto, M. (2021). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Tropicana Slim Pada Hypermart Ponorogo City Center Di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 15(1), 116–122. https://doi.org/10.19184/jpe.v15i1.20275

Ayu, S. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nisbah Bagi Hasil ( Studi Kasus : KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera Pati ). Jurnal Penelitian Ilmiah, 2(2), 253–276.

Dodi, R. . S., Roki, H., & Heleni, F. (2021). Analisa Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Pada Era Pandemi Covid-19. Jurnal Sistem Informasi, 3(2), 130–142. https://doi.org/10.31849/zn.v3i2.8353

Ekawati, D. L. (2019). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Citra Lembaga Terhadap Loyalitas Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Siswa Pada Lembaga Kursus Bahasa Inggris Di Palembang. Jurnal Adminika, 5(2), 112–123.

Emy, P. (2021). Ananlisis pengaruh Religiositas, Lingkungan Dan Faktor Reputasi Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Menabung Di KSPPS BMT Aanah Ummah. Jurnal Internasional (Ijebar), 5(1), 215–225.

Ita, R., & Rissalatul, I. (2021). Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian HP Oppo. Jurnal Ilmiah Hospitality, 10(1), 2088–4834.

Juswina, E. D., Asse, A., & Trimulato. (2022). Pengaruh Lokasi dan Promosi terhadap Keputusan Nasabah Memilih Produk Tabungan Wadi’ah di Bank Syariah Indonesia Cabang Makassar. Journal of Finance and Business Digital, 1(2), 71–88. https://doi.org/10.55927/jfbd.v1i2.1239

Muhammad, mrullah A. (2016). Pengaruh Bagi Hasil, Lokasi Dan Citra Merek Terhadap Proses Keputusan Menabung (Studi Kasus Produk Tabungan IB Hasanah Mahasiswa Pada BNI Syariah Cabang Banjarmasin). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(5), 46–67.

Nawal, S. I., Nurul, I., & Novia, H. (2022). Pengaruh Lokasi, Promosi dan Bagi Hasil Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Anggota BMT UGT Nusantara Cabang Glenmore. Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam, 3(2), 115–130.

Nawal, S. I., Nurul, I., & Vovia, H. (2022). Pengaruh Lokasi, Promosi dan Bagi Hasil Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Anggota BMT UGT Nusantara Cabang Glenmore. Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam, 3(2), 115–130.

Ni, P. D. M. P., Putu, A. D., & Putu, F. S. (2022). Pengaruh Citra Lembaga , Budaya Dan Service Performance Terhadap Keputusan Anggota Menabung Di Koperasi Simpan Pinjam Desa Cemagi , Badung Tahun 2021-2022. Jurnal Prosiding Pendidikan Ekonomi, 5(9), 46–52.

Nia, Y., Rita, P. D., & Nidia, A. (2022). Pengaruh Pengetahuan produk Tabungan, Citra Perbankan Dan Persepsi Mengenai Suku Bunga Simpanan Terhadap Keputusan Menabung. Jurnal off Inovation Research and Knowledge, 2(5), 2161–2180.

Rafiqa, H. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Memilih Jasa Bank Syariah Di Makasar. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 4(2).

Rahmadani, N., Zuhirsyan, M., & Kholil, A. (2021). Pengaruh Persepsi, Religiusitas Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menabung Mahasantri di Bank Syariah. Jurnal BILAL: Bisnis Ekonomi Halal, Vol. 2(No. 2), 159–169.

Santoso, R. P. (2022). Analisa Pengaruh Dimensi Store Atmosphere Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Konsumen Golden Swalayan Kediri). BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 4(3), 585–596. https://doi.org/10.33752/bima.v4i3.5587

Sari, E. N., Amah, N., & Wirawan, R. Y. (2017). Penerapan prinsip bagi hasil dan pengaruhnya terhadap keputusan menabung pada nasabah bank muamalat kantor cabang madiun. JURNAL PROMOSI: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 5(2), 60–67.

Shairen, M. O. (2021). Pengaruh Lokasi, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Lalulalang Cafe Di Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajmen, 10(3), 2461–0595.

Siregar, D. L., Yusran, R. R., & Agustini, T. (2019). Analisis Keputusan Nasabah Menabung : Studi Kasus pada Bank Syariah di Kota. Jurnal SNISTEK, 1(1), 67–72.

Sugiyono, P. D. (2019). metode peneltian kuantitatif kualitatif. Alfabeta.

Trisera, H. R., Handoyono, & Widayanto. (2017). Pengaruh kualitas Produk Dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Menabung Pada Bank Muamalat Indonesia Syariah. Jurnal JIAB: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(1), 311–316.

Tyas, R. R., & Setiawan, A. (2012). Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Nasabah untuk Menabung di BMT Sumber Mulia Tuntang. Muqtasid: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 3(2), 277. https://doi.org/10.18326/muqtasid.v3i2.277-297

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

Febrian, A. A., & Irawati, W. (2024). Pengaruh Lokasi, Citra Lembaga Dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Nasabah Menabung di BMT UGT Nusantara Jombang. BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 6(2), 135–145. https://doi.org/10.33752/bima.v6i2.5900

Issue

Section

Articles