تطبيق طريقة "باندوغان" في ترجمة الكتب العربية في معهد الوصايا كرطاريجا غورو جومبانج

Authors

  • M. Shoby Mubarok Universitas Hasyim Asy'ari
  • fathur rohman Universitas Hasyim Asy'ari

Keywords:

bandongan, penerapan, Kitab Kuning

Abstract

Menerjemah adalah proses mengubah bahasa dari bahasa sumber kebahasa target. Pada kenyataannya, diera sekarang ini, masih banyak mahasiswa kesulitan memahami buku-buku Arab, terutama dalam terjemahan. Metode pembelajaran dipondok-pondok pesantren memiliki bentuk ciri khas yang berbeda dari lainnya. dan salah satunya adalah metode Bandungan yang digunakan oleh  pondok pesantren Washoya Kertarejo Jombang sebagai sarana untuk  menerjemahkan buku-buku Arab. Tujuan penelitian adalah: untuk mengetahui bagaimana menerapkan metode Bandongan dipondok washoya, dan untuk mengetahui menerjemahkan buku-buku Arab dengan menggunakan metode Bandongan, dan untuk mengetahui  factor pendukung dan penghambat dalam menerapkan metode Bandongan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian ini, Pertama dalam penerapan metode Bandongan pondok washoya adalah guru membaca satu persatu kosakata dalam kitab dengan menggunakan simbol dan beberapa istilah tertentu, tetapi siswa menyimak kitanya dan menuliskan makna kosakata tersebut dan mereka juga tidak dapat berpartisipasi aktif dalam proses penerjemahan. kedua Penerjemahan buku-buku Arab dengan menerapkan metode Bandongan adalah literal dengan menerjemahkan kata demi kata atau jenis terjemah harfiyah. Yang ketiga factor pendukung dalam menerapkan metode Bandongan dalam pondok washoya adalah bagusnya penguasaan siswa dalam memahami kaidah bahasa Arab, adapun penghambatnya adalah kurangnya kedisiplinan siswa, kurangnya semangat siswa ketika memberi makna, dan mengantuk serta tidak memperhatikan guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-28

How to Cite

M. Shoby Mubarok, & rohman, fathur. (2024). تطبيق طريقة "باندوغان" في ترجمة الكتب العربية في معهد الوصايا كرطاريجا غورو جومبانج. AL-I’ROBY: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(1), 27–39. Retrieved from https://pusatbahasa.unhasy.ac.id/index.php/AL-IROBY/article/view/5756

Issue

Section

Articles