تعليم اللغة العربية بإستحدام طريقة الحوار في المعهد الإسلامي "دار الفلاح الخامس" جوكير جومبانج
Keywords:
Bahasa Arab, Pembelajaran, Metode HiwarAbstract
Penelitian ini mengkaji bagaimana proses pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan metode hiwar di pondok pesantren Darul Falah 5 Cukir Jombang. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian: 1) Proses kegiatan pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan metode hiwar di kelas wustho C Darul Falah 5 melalui tiga tahap kegiatan, yang pertama yaitu kegiatan pembuka yaitu membuka pelajaran dengan berdo’a bersama kemudian mengisi daftar hadir, yang kedua kegiatan inti yaitu pendidik membacakan tujuan pembelajaran dan apa saja yang akan dilakukan selama proses pembelajaran kemudian menjelaskan materi pelajaran, yang terakhir adalah kegiatan penutup yaitu pendidik meminta peserta didik untuk membuat rangkuman materi. 2) Faktor pendorong dalam proses pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan metode hiwar yaitu adanya minat belajar peserta didik dalam mempelajari bahasa arab, adanya buku ajar yang digunakan sebagai buku pelajaran bahasa arab yang menerapkan metode hiwar dan adanya pendidik yang merupakan komponen pengajaran yang memegang peranan penting dan utama karena keberhasilan proses belajar mengajar sangat ditentukan oleh faktor pendidik, sedangkan faktor penghambat dalam pembelajaran bahasa arab yaitu kurangnya peserta didik tentang mufradat, kurangnya rasa percaya diri untuk mempraktikkan hiwar di depan teman-temannya, dan lingkungan madrasah memiliki pengaruh terhadap perkembangan kemampuan bercakap dalam bahasa arab.